“Tugas yang paling penting jika kita menyelamatkan bumi yaitu dengan cara mendidik"

(The most important task, if we are to save the earth is to educate)

Sir Peter Scott, Founder WWF

“Kita tidak mewarisi bumi ini dari nenek moyang kita, kita meminjamnya dari anak cucu kita maka kembalikanlah secara utuh"

“Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan melibatkan cara melihat dunia yang berbeda.”

Inger BjÖrneloo, Pelatih Guru, Universitas GÖteborg Swedia

“Bumi dapat mencukupi kebutuhan umat manusia, tetapi tidak untuk keserakahannya.”

Mahatma Gandhi

“Bumi adalah rumahku, rumahku adalah bumiku, tak heran aku harus menjagamu”

“Bergabunglah bersama kami untuk membuat dunia menjadi lebih baik”

“Pembangunan lestari memenuhi kebutuhan saat ini tanpa mengkompromikan kemampuan generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhannya.”

“Kebersihan akan melahirkan banyak nilai-nilai positif. Membiasakan diri untuk menjaga kebersihan membuat anda dipenuhi berbagai karakter-karakter positif”

“Siapapun yang merenungi alam semesta, akan tersadar akan besar dan melimpahnya keagungan Zat yang telah menciptakan semesta ini”

Tuhan menciptakan Alam semesta untuk dijadikan tempat merenung bagi orang-orang yang berfikir

Petiklah milyaran hikmah yang terdapat dalam Alam, niscaya Alam tak letih memberikan anda pelajaran tentang kehidupan

Link

www.wwf.or.id World Wide Fund for Nature (WWF) adalah sebuah organisasi non-pemerintah internasional yang menangani masalah-masalah tentang konservasi, penelitian dan restorasi lingkungan. WWF adalah organisasi konservasi independen terbesar di dunia dengan lebih dari 5 juta pendukung di seluruh dunia yang bekerja di lebih dari 100 negara, mendukung sekitar 1.300 proyek konservasi dan lingkungan.

www.pustakaborneo.org merupakan media untuk memberikan informasi dan berbagi tentang kegiatan sekolah dampingan di kawasan Jantung Kalimantan. Situs ini tidak hanya difungsikan sebagai sarana mencari informasi, tetapi juga sebagai media publikasi dan komunikasi sekolah dalam meningkatkan kualitas sekolah itu sendiri. Pengembangan dari kegiatan Rumah Belajar tersebut dilakukan melalui konsep Sustainable Village (Desa Berkelanjutan). Diharapkan dengan adanya “Rumah Belajar“ yang melibatkan masyarakat di sekolah dapat menjadi contoh bagi masyarakat menuju Desa Berkelanjutan. 


Rumah Belajar Borneo - Sumatera merupakan media sosial di facebook untuk memberikan informasi dan berbagi tentang kegiatan sekolah dampingan di kawasan Jantung Kalimantan dan Sumatera. Media sosial ini berfungsi sebagai sarana komunikasi pihak sekolah dengan dunia luar, sehingga memudahkan komunikasi antara guru dengan siswa terkait dengan pelaksanaan pembelajaran, guru maupun siswa juga bisa berinteraksi melalui forum, komunikasi antara sekolah dengan orang tua, komunikasi sekolah dengan para alumni dan memudahkan sekolah dalam berkomunikasi dengan institusi terkait di dalam dan di luar daerah.

www.sekolahalamdigital.org adalah sebuah lembaga pendidikan non formal atau sekolah maya (virtual), bukan sebuah sekolah formal pada umumnya. Sekolah Alam Digital adalah suatu sekolah semu, tanpa siswa dan tanpa kelas. Karena itu kami tidak menerima siswa atau guru, apalagi melakukan kegiatan belajar atau mengajar formal seperti sekolah pada umumnya. Kegiatan utama kami adalah melakukan studi dan publikasi ESD (Education for Sustainable Development) atau dikenal dengan istilah PPB (Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan).