“Tugas yang paling penting jika kita menyelamatkan bumi yaitu dengan cara mendidik"

(The most important task, if we are to save the earth is to educate)

Sir Peter Scott, Founder WWF

“Kita tidak mewarisi bumi ini dari nenek moyang kita, kita meminjamnya dari anak cucu kita maka kembalikanlah secara utuh"

“Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan melibatkan cara melihat dunia yang berbeda.”

Inger BjÖrneloo, Pelatih Guru, Universitas GÖteborg Swedia

“Bumi dapat mencukupi kebutuhan umat manusia, tetapi tidak untuk keserakahannya.”

Mahatma Gandhi

“Bumi adalah rumahku, rumahku adalah bumiku, tak heran aku harus menjagamu”

“Bergabunglah bersama kami untuk membuat dunia menjadi lebih baik”

“Pembangunan lestari memenuhi kebutuhan saat ini tanpa mengkompromikan kemampuan generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhannya.”

“Kebersihan akan melahirkan banyak nilai-nilai positif. Membiasakan diri untuk menjaga kebersihan membuat anda dipenuhi berbagai karakter-karakter positif”

“Siapapun yang merenungi alam semesta, akan tersadar akan besar dan melimpahnya keagungan Zat yang telah menciptakan semesta ini”

Tuhan menciptakan Alam semesta untuk dijadikan tempat merenung bagi orang-orang yang berfikir

Petiklah milyaran hikmah yang terdapat dalam Alam, niscaya Alam tak letih memberikan anda pelajaran tentang kehidupan

SDN 01 Datarajan

Mengenal Sekolah Kami, Yuks!

SD Negeri 1 Datarajan Kecamatan Ulubelu terletak di kawasan Bukit Barisan yang merupakan wilayah hulu di register 39, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung. Sekolah ini berdiri sejak tahun 1959 yang merupakan Filial dari SD Negeri Pagar Alam. Mulai beroperasi pada tahun 1961. Sampai saat ini jumlah murid 248 siswa dengan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan 15 orang. Telah meluluskan kurang lebih 2200 lulusan. Prestasi yang diperoleh secara akademik di tahun 2015/2016 memperoleh nilai Matematika tertinggi di kecamatan Ulubelu dengan nilai 9,75. Kegiatan FLS2N (Pantomin juara 2 Kabupaten Tanggamus tahun ajaran 2015/2016), dan prestasi-prestasi yang lain.

Pendiri sekolah adalah Bapak Ramlan dibantu oleh Bapak Mardi Suwarno dan didukung oleh masyarakat Datarajan. Kepala sekolah yang pertama adalah Bapak Ramlan (tahun 1961-1964), kepala sekolah kedua Bapak Sudarmo (1964-2003), kepala sekolah ketiga Bapak Teguh, AR (2003 -2005), kepala sekolah keempat Bapak Suroso,S.Pd.SD (2005-2008), Kepala sekolah yang kelima Ibu Estatik Tri S, S.Pd.SD (2008 s.d sekarang).

Profil SDN 1 Datarajan

Profil singkat dan wawancara di SDN 1 Datarajan, Kec. Ulubelu, Kab. Tanggamus, Lampung. Dokumentasi diambil tanggal 3-4 Oktober 2016

Untuk kegiatan belajar mengajar (KBM) saat ini menyesuaikan dengan perkembangan Kurikulum. Kurikulum saat ini yang digunakan adalah Kurikulum 2013 untuk kelas 1 dan 4, dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk kelas 2, 3, 5 dan 6. Sd Negeri 1 Datarajan sebagai SD Inti sekaligus sebagai Pusat Kegiatan Guru (PKG) Gugus Mawar 1 Kecamatan Ulubelu Kabupaten Taggamus. Alhamdulillah berkesempatan memperoleh pendampingan dari WWF Indonesia dari tahun 2015 sampai dengan sekarang.

Fasilitas yang tersedia 4 unit gedung yang terdiri dari 10 ruang, 9 ruang untuk RKB dan 1 ruang untuk ruang guru. Sekolah memiliki juga satu buah ruang untuk perpustakaan dengan koleksi buku 9.440 judul. Di dalam areal sekolahj berdiri pula 1 unit perumahan kepala sekolah yang digunakan untuk ruang UKS dan 1 gedung Mushola. Bangunan tersebut berdiri di atas tanah seluas 3500 m2.

(Penulis: Kelompok 2, Peserta Pelatihan Jurnalistik SD 01 Datarajan)




Foto Kegiatan Penyemaian
Foto Penanaman Pohon
Foto Penanaman Pohon